Kecamatan Tanjungpinang Barat Tingkatkan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Samah Rumah Tangga Berbasis Kemitraan

  • Dilihat: 36

Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang – Dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan sampah di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Barat, Camat Tanjungpinang Barat Muhammad Yatim, S.Sos, M.T., mengundang Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang, Lurah se Kecamatan Tanjungpinang Barat, Direktur LSM ALIM, Penggiat Lingkungan dan para Pelaku Usaha di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Barat. Acara berlangsung di ruang rapat Kantor Kecamatan Tanjungpinang Barat. Selasa (14/07/2020).

 

Melalui sambutannya, Camat Tanjungpinang Barat menyampaikan regulasi Peraturan Undang-undang tentang pengelolaan sampah, yaitu Undang-undang nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, Peraturan Pemerintah nomor 81 Tahun 2017 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, Perda Kota Tanjungpinang nomor 3 Tahun 2015 tentang Persampahan, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 17 tahun 2018 tentang Kecamatan, Perda Kota Tanjungpinang nomor 3 tahun 2015 tentang pengelolaan persampahan mengatur  kewajiban, tanggung jawab dan hak pemerintah, masyarakat serta pelaku usaha terkait dengan pengelolaan persampahan, intinya pengelolaan sampah butuh keterlibatan kita semua, "jelasnya.

Pertemuan ini kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan paparan singkat oleh narasumber dari Direktur LSM ALIM Kepri Kherjuli. Beliau menjelaskan pengelolaan sampah ini sudah dilakukan baik berbasis masyarakat maupun berbasis program, namun pengelolaan sampah berbasis kemitraan juga perlu di upayakan karna fakta menunjukkan dari tahun ke tahun pengelolaan sampah yang dilakukan secara sporadis justru tidak mencapai target capaian terukur, untuk itu dalam kesempatan ini beliau mengajak para pelaku usaha agar kedepannya ada aksi nyata terkait pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga khususnya di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Dari Dinas Lingkungan Hidup mengatakan, pengurangan sampah dimasyarakat ini timbul karena tingginya aktifitas manusia, semakin tinggi aktifitas manusia maka semakin tinggilah nilai sampah yang dihasilkan oleh wilayah atau tempat bermasyarakat tersebut. Mengingat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Tanjungpinang sudah mulai kronis, ini merupakan suatu sinergi kita untuk mengembalikan sampah kemasyarakat kembali dalam bentuk yang memiliki nilai ekonomis, “tambahnya.

Lurah Bukit Cermin Nindia W. Selayar, S.H., M.H., menyampaikan untuk di Kelurahan Bukit Cermin sudah ada dua pengelolaan sampah baik organik maupun non organik, yaitu rumah kompos dan bank sampah. Untuk bank sampah kita sudah ada pengurusnya dan sudah menerima setoran sampah, “tuturnya.

 

Adapun yang turut hadir dalam pertemuan ini, Sekretaris Camat Tanjungpinang Barat, Kasubbag Umum dan Kepegawaian Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Kecamatan Tanjungpinang Barat dan Kepala Seksi Pelayanan dan Kesos Kecamatan Tanjungpinang Barat.